Wellcome to my Blog

THANKSS FOR COMING

Mengenai Saya

Foto saya
saya itu........ teman yang baik untuk bercerita untuk berkeluh kesah dan syukur alhamdulillah sekarang saya dianugerahi nikmat untuk bisa melanjutkan study saya di Universitas Negeri Semarang dan diterima sebagai mahasiswa jurusan pendidikan sosiologi antropologi tercinta....

Sabtu, 07 Januari 2012

RPP KD 3 KELAS X GANJIL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No.3)

Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas, Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit ( 4 x pertemuan)


Standar Kompetensi : Memahami keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma
yang berlaku dalam masyarakat.

Kompetensi Dasar : 1.3. Mendeskripsikan proses interaksi sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan sosial

Indikator : 1.3.1. Mendefinisikan interaksi sosial dan dinamika sosial
1.3.2. Mengidentifikasi faktor pendorong terjadinya interaksi sosial dan dinamika sosial
1.3.3. Menganalisis syarat- syarat terjadinya interaksi sosial
1.3.4. Menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dengan dinamika sosial
1.3.5. Menjelaskan perkembangan bentuk-bentuk interaksi sosial


I . Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. mendeskripsikan pengertian interaksi sosial dan dinamika sosial
2. mendeskripsikan faktor-faktor yang mendorong interaksi sosial
3. mendeskripsikan syarat terjadinya interaksi sosial
4. menjelaskan hubungan antara interaksi sosial dengan dinamika sosial
5. mengidentifikasi bentuk-bentuk interaksi yang mendorong terciptanya lembaga, kelompok, dan organisasi sosial..

II . Materi Pembelajaran :
Materi Pokok : 1. Hakikat Interaksi Sosial
2. Faktor-Faktor Pendorong Interaksi Sosial
3. Status, Peranan, dan Hubungan Individu dalam Interaksi Sosial
4. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial


III . Metode Pembelajaran :
1. Informasi
2. Tugas tidak terstruktur
6. Tugas terstruktur
7. Eksplorasi
8. Diskusi



IV . Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah :

Pertemuan 1
 Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Siswa diberi penjelasan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pokok bahasan yang akan dipelajari.
Motivasi : Guru menjelaskan materi tentang pentingnya interaksi sosial dalam masyarakat.
Pemberian Acuan : Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran interaksi sosial.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa menulis pengalaman berinteraksi dengan orang lain atau menceritakan pengalaman berinteraksi sosial dengan teman sebangku.
b. Guru menjelaskan hakikat, pengertian, ciri-ciri dan macam-macam interaksi sosial.
c. Siswa mengerjakan tugas terstruktur tentang hakekat interaksi sosial.
d. Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai oleh guru.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari yaitu tentang hakekat interaksi sosial.
b. Siswa diberi tugas untuk mencari informasi tentang faktor pendorong interaksi sosial dan syarat terjadinya interaksi.

Pertemuan 2
▪ Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Siswa diberi penjelasan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pokok bahasan yang akan dipelajari.
Motivasi : Guru menjelaskan materi tentang interaksi sosial dalam masyarakat.
Pemberian Acuan : Siswa mendengarkan tujuan mempelajari interaksi sosial.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang syarat-syarat terjadinya interaksi.
b. Siswa diberi tugas terstruktur untuk mendiskusikan faktor pendorong terjadinya interaksi sosial dari wacana yang diberikan.
c. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu jalannya diskusi.
d. Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang faktor pendorong interaksi dan syarat terjadinya interaksi sosial.
b. Guru memberi tugas tidak terstruktur untuk membuat klipping proses interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat.


Pertemuan 3
▪ Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Siswa diberi penjelasan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pokok bahasan yang akan dipelajari.
Motivasi : Guru menjelaskan pentingya status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial.
Pemberian Acuan : Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya hunbungan interaksi dengan dinamika sosial.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengar penjelasan guru tentang pengertian status dan peranan individu dalam interaksi sosial dan mengukur hubungan individu dalam interaksi sosial.
b. Siswa mengerjakan tugas terstruktur yaitu membuat essay atau karangan tentang pengalamannya berinteraksi dengan berbagai status yang ada.
c. Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman tentang status, peranan, dan hubungan individu dalam interaksi sosial.
b. Siswa diberi tugas tidak terstruktur yaitu mengamati kehidupan masyarakat sekitar sekolah mengenai fungsi nilai dan norma yang berlaku di sekolah
c. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

Pertemuan 4
▪ Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas siswa.
Motivasi : Guru menjelaskan betapa pentingnya bentuk-bentuk interaksi sosial dalam keteraturan sosial.
Pemberian Acuan : Siswa mendengarkan pentingnya tujuan pembelajaran.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang bentuk-bentuk interaksi sosial: hubungan ketaraturan sosial dan interaksi sosial, dan bentuk-bentuk interaksi sosial.
b. Siswa mengerjakan tugas terstruktur yaitu Siswa secara sendiri-sendiri mencari bahan tentang bentuk interaksi sosial dari sumber lain.
c. Siswa mengumpulkan tugasnya untuk dinilai.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman tentang bentuk-bentuk interaksi sosial.
b. Guru memberi tugas kepada siswa untuk mempersiapkan diri untuk ujian akhir semester.

V. Sumber Belajar :
a. Buku : 1. Buku Sosiologi kelas X Yudhistira
2. Buku Sosiologi kelas X Esis
3. Buku Sosiologi kelas X Galaxy Puspa Mega
4. Buku Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, UI

b. Bahan : 1. Media cetak seperti; Koran, majalah, tabloid.
2. Media elektronik seperti; televisi.
3. Internet.

c. Alat : 1. CD Pembelajaran
2. Infokus
3. Laptop/komputer

d. Media : 1. Papan tulis
10. Alat-alat tulis
3. LKS
4. Power Point

G. Penilaian

Indikator
Pencapaian Teknik
Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

1.Mendeskripsikan
pengertian nilai dan norma.



2.Mengidentifikasi nilai dan norma.





3. Membedakan nilai dan norma.


4. Mengidentifikasi ciri-ciri
nilai.

5. Mendeskripsikan fungsi
nilai dan norma.



6. Mengklasifikasi kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

7. Merumuskan solusi dalam penanganan nilai dan norma.

Tugas terstruktur





Tugas terstruktur






Tugas terstruktur



Tugas terstruktur


Tugas terstruktur




Tugas terstruktur




Tugas terstruktur

Uraian





Uraian






Uraian



Uraian


Uraian




Uraian




Laporan

Jelaskan pengertian nilai dan norma menurut pemahamanmu !

Berikan dua contoh nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat !


Jelaskan perbedaan nilai dan norma !

Sebutkan cirri-ciri nilai social !

Sebutkan fungsi nilai dan norma bagi kehidupan masyarakat !

Sebutkan tingkatan norma berdasarkan kekuatan mengikatnya !

Bagaimanakah penanganan solusinya jika dalam masyarakat terjadi konflik antar agama, buatlah dalam bentuk karangan atau essay !
PENILAIAN KOGNITIF

A. TES URAIAN
No. Uraian Skor Jumlah
1. a. Nilai adalah ukuran atau kriteria yang diinginkan, dianggap pantas, berharga, benar salah, baik buruk dan lain- lain yang mempengaruhi sikap dan perilaku sosial dari orang-orang yang mengembangkan nilai tersebut.

b. Norma adalah adalah patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Norma sering juga disebut peraturan sosial.



5




5
10
2. a. Contoh nilai : - kegotong royongan,
- solidaritas.

b. Contoh norma : - tata tertib sekolah
- tamu 1 x 24 harap lapor

4


4
8
3. Perbedaan nilai dan norma adalah sesuatu yang dianggap penting dan berguna oleh masyarakat, sedangkan norma adalah aturan yang dibuat untuk menegakan nilai. 10
10
4. Ciri – ciri nilai social :
e. dianggap pantas, bergengsi
f. berguna bagi kelangsungan masyarakat
g. diterima oleh semua kalangan
h. dibentuk dari kebiasaan masyarakat 8
8
5. Fungsi nilai dan norma :
e. Sebagai faktor pendorong
f. Sebagai alat pengawas
g. Sebagai alat solidaritas
h. Mengarahkan masyarakat untuk berpikir dan bertingkah laku 8
8
6. Tingkatan norma berdasarkan kekuatan mengikatnya :
e. Cara ( usage )
f. Kebiasaan ( folkways )
g. Tata kelakuan ( mores )
h. Adat istiadat ( custom ) 8
8

Jumlah Total
52


PENILAIAN AFEKTIF

Format penilaian diskusi kelompok.
No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama



Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai/skor Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
13. Kemampuan menyampaikan pendapat.
14. Kemampuan memberikan argumentasi.
15. Kemampuan memberikan kritik.
16. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
17. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
18. Kelancaran berbicara.

Penskoran: Jumlah skor:
E. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
D. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
B. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
A. Sangat Baik Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst
Kriteria Penilaian :
1. Aktivitas dalam kelompok
2. Tanggung jawab individu
11. Pemikiran
12. Keberanian berpendapat
13. Keberanian tampil
Penskoran :
E. Tidak Baik Skor 1
D. Kurang Baik Skor 2
C. Cukup Baik Skor 3
B. Baik Skor 4
A. Sangat Baik Skor 5

Rentang Skor :
12 – 15 = sangat baik = A

9 – 11 = baik = B

6 – 8 = cukup = C

3 - 5 = kurang = K


Bawang, 2 Januari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,



................ ...............

2 komentar:

  1. Nice post! Really liked it, you gonna check this one
    October2017holidays

    web development
    Thanks

    BalasHapus
  2. Awesome post
    Such a creative an innovative thinking
    See this for such more amazing things-
    http://freeprintablecalendar123.com/2016/11/18/festivals-calendar-2017/
    http://freeprintablecalendar123.com/2016/11/14/sports-holiday-calendar-2017/
    Thankyou!

    BalasHapus