Wellcome to my Blog

THANKSS FOR COMING

Mengenai Saya

Foto saya
saya itu........ teman yang baik untuk bercerita untuk berkeluh kesah dan syukur alhamdulillah sekarang saya dianugerahi nikmat untuk bisa melanjutkan study saya di Universitas Negeri Semarang dan diterima sebagai mahasiswa jurusan pendidikan sosiologi antropologi tercinta....

Sabtu, 07 Januari 2012

RPP KD 1 KELAS X GANJIL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No.1)

Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas/Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit ( 4 x pertemuan)


Standar Kompetensi : Memahami keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma
yang berlaku dalam masyarakat.

Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan

Indikator : 1.1.1 . Mendifinisikan pengertian sosiologi.
1.1.2 . Mengidentifikasi sejarah perkembangan sosiologi.
1.1.3 . Mendeskripsikan metodologi sosiologi.
1.1.4 . Mendeskripsikan ruang lingkup sosiologi
1.1.5 . Mengidentifikasi tentang realitas sosial masyarakat.
1.1.6 . Mengidentifikasi kegunaan sosiologi.
1.1.7 . Menganalisis hubungan sosilogi dan ilmu-ilmu lainnya


I . Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. menjelaskan dengan kata-kata sendiri pengertian tentang sosiologi, objek sosiologi dan tujuan sosiologi.
2. menjelaskan sosiologi sebagai sebuah ilmu pengetahuan
3. mendeskripsikan metodologi sosiologi
4. mendeskripsikan ruang lingkup sosiologi
5. mendeskrispsikan sejarah perkembangan sosiologi.
6. menjelaskan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain
7. mendeskripsikan peran sosiolog dalam masyarakat.

II . Materi Pembelajaran :
Materi Pokok : 1. Hakikat sosiologi
2. Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan
3. Sejarah Perkembangan sosiologi dan kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain

III . Metode Pembelajaran :
1. Informasi
2. Tugas terstruktur
3. Eksplorasi
4. Diskusi





IV . Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah :

Pertemuan 1
 Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Siswa diberi penjelasan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pokok bahasan yang akan dipelajari.
Motivasi : Guru menanyakan apakah ada yang mengetahui tentang sosiologi.
Pemberian Acuan : Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan akhir dari pembelajaran materi pada hari itu.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian sosiologi, sejarah perkembangan sosiologi.
b. Siswa mengerjakan tugas terstruktur tentang definisi sosiologi menurut pemahaman siswa dan membuat resume sejarah perkembangan sosiologi.
c. Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari yaitu pengertian sosiologi dan sejarah perkembangannya.
b. Siswa diberi tugas untuk mencari informasi di internet ataupun diperpustakaan tentang metodologi sosiologi dan ruang lingkup sosiologi.

Pertemuan 2
▪ Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Siswa diberi penjelasan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pokok bahasan yang akan dipelajari.
Motivasi : Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang metodologi dan ruang lingkup sosiologi.
Pemberian Acuan : Guru menanyakan hasil dari jelajah internet atau perpustakaan tentang metodologi dan ruang lingkup sosiologi.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang metodologi dan ruang lingkup sosiologi.
b. Siswa mengerjakan tugas terstruktur tentang metodologi sosiologi dan ruang lingkup sosiologi, dari LKS hal. 6 – 9.
c. Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari yaitu tentang metodologi sosiologi dan ruang lingkup sosiologi.
b. Siswa ditugaskan untuk mengerjakan LKS halaman 14 – 17.
c. Siswa diberi tugas untuk mencari informasi di internet ataupun diperpustakaan tentang realitas sosial masyarakat.

Pertemuan 3
▪ Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Siswa diberi penjelasan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pokok bahasan yang akan dipelajari.
Motivasi : Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang masalah-masalah sosial yang dialaminya dalam masyarakat.
Pemberian Acuan : Realitas sosial masyarakat merupakan kenyataan-kenyataan yang terjadi di masyarakat.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain dan peran sosiologi dalam realitas masyarakat.
b. Siswa menulis beberapa masalah sosial yang sering terjadi dalam masyarakat.
c. Siswa membentuk kelompok diskusi kemudian mendiskusikan masalah sosial-masalah sosial yang terjadi dalam masyarakat.
d. Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
e. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelompok.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang kedudukan sosiologi di antara ilmu-ilmu lain dan peran sosiologi dalam realitas masyarakat.
b. Siswa diberi tugas tidak terstrktur untuk mencari kegunaan sosiologi dalam bidang perencanaan sosial, bidang penelitian dan bidang pembangunan.

Pertemuan 4
▪ Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas siswa.
Motivasi : Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang kegunaan sosiologi dalam bidang perencanaan.
Pemberian Acuan : Guru menjelaskan tentang kegunaan sosiologi dalam bidang perencanaan, penelitian dan pembangunan.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan menjelaskan tentang kegunaan sosiologi dalam bidang perencanaan, penelitian dan pembangunan serta hubungan sosiologi dengan ilmu-ilmu lainnya.
b. Siswa ditugaskan mengerjakan tugas terstruktur dengan berdiskusi tentang kegunaan sosisologi dalam bidang perencanaan, penelitian dan pembangunan.
c. Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
d. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelompok.





▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara lisan.
b. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang tentang kegunaan sosiologi dalam bidang perencanaan, penelitian dan pembangunan serta hubungan sosiologi dengan ilmu-ilmu lainnya.
c. Guru menginformasikan tentang materi pokok minggu depan dan siswa ditugaskan untuk membaca literaturnya.


V. Sumber Belajar :
a. Buku : 1. Buku Sosiologi kelas X Yudhistira
2. Buku Sosiologi kelas X Esis
3. Buku Sosiologi kelas X Galaxy Puspa Mega
4. Buku Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, UI

b. Bahan : 1. Media cetak seperti; Koran, majalah, tabloid.
2. Media elektronik seperti; televise.
3. Internet.

c. Alat : 1. CD Pembelajaran
2. Infokus
3. Laptop/komputer

d. Media : 1. Papan tulis
2. Alat-alat tulis
3. LKS
4. Power Point

G. Penilaian

Indikator
Pencapaian Teknik
Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

1. Mendifinisikan pengertian sosiologi.



2. Mengidentifikasi sejarah perkembangan sosiologi.



3. Mendeskripsikan metodologi sosiologi.



4. Mendeskripsikan ruang lingkup sosiologI




Tugas terstruktur




Tugas terstruktur




Tugas terstruktur





Uraian




Uraian




Uraian




Uraian





Jelaskan pengertian sosiologi secara etimologis !

Jelaskan latar belakang lahirnya sosiologi di daratan Eropa !

Jelaskan perbedaan metode kualitatif dengan metode kuantitatif

Jelaskan objek study sosiologi !







PENILAIAN KOGNITIF

A. TES URAIAN
No. Uraian Skor Jumlah
1. Sosiologi berasal dari bahasa Yunani, socius yang berarti teman/kawan dan logos yang berarti ilmu, sehingga sosiologi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang pergaulan hidup manusia.

10





10
2. Sosiologi pertama kali lahir di Eropa yang diilhami oleh adanya revolusi industri dan revolusi Perancis, namun perubahan besar-besaran terjadi sepanjang abad ke-18 M. Perubahan itu dikatakan revolusioner karena dengan cepat struktur/tatanan masyarakat lama berganti dengan struktur yang baru.
10

10
3. Metode kualitatif adalah metode yang mengutamakan bahan atau hasil pengamatan yang sukar diukur dengan angka-angka / tidak berbentuk angka,

Sedangkan metode kuantitatif adalah metode yang mengutamakan bahan keterangan dengan angka-angka sehingga gejala yang diteliti dapat diukur dengan menggunakan skala, indeks.
5



5
10
4. Objek study sosiologi yaitu masyarakat, dengan menyoroti hubungan antar manusia dan proses sebab-akibat yang ditimbulkan dari hubungan tersebut.

5
5
Jumlah Total 35














PENILAIAN AFEKTIF

Format penilaian diskusi kelompok.
No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama



Keterangan: nilai maksimal 20




LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai/skor Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
E. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
D. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
B. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
A. Sangat Baik Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst
Kriteria Penilaian :
1. Aktivitas dalam kelompok
2. Tanggung jawab individu
3. Pemikiran
4. Keberanian berpendapat
5. Keberanian tampil
Penskoran :
E. Tidak Baik Skor 1
D. Kurang Baik Skor 2
C. Cukup Baik Skor 3
B. Baik Skor 4
A. Sangat Baik Skor 5

Rentang Skor :
12 – 15 = sangat baik = A

9 – 11 = baik = B

6 – 8 = cukup = C

3 - 5 = kurang = K







Bawang, 2 januari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,



................. ........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar