Wellcome to my Blog

THANKSS FOR COMING

Mengenai Saya

Foto saya
saya itu........ teman yang baik untuk bercerita untuk berkeluh kesah dan syukur alhamdulillah sekarang saya dianugerahi nikmat untuk bisa melanjutkan study saya di Universitas Negeri Semarang dan diterima sebagai mahasiswa jurusan pendidikan sosiologi antropologi tercinta....

Sabtu, 07 Januari 2012

RPP KD 2 KELAS X GANJIL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP No.2)

Nama Sekolah : SMA NEGERI 1 BAWANG
Mata Pelajaran : SOSIOLOGI
Kelas, Semester : X / Ganjil
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit ( 4 x pertemuan)


Standar Kompetensi : Memahami keteraturan hidup sesuai dengan nilai dan norma
yang berlaku dalam masyarakat.

Kompetensi Dasar : 1.2. Mendiskripsikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat

Indikator : 1.2.1. Mendeskripsikan pengertian nilai dan norma.
1.2.2. Mengidentifikasi nilai dan norma.
1.2.3. Membedakan nilai dan norma.
1.2.4. Mengidentifikasi ciri- ciri nilai dan macam-macam norma
1.2.5. Mendeskripsikan fungsi nilai dan norma.
1.2.6. Mengklasifikasikan kasus - kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.
1.2.7. Merumuskan solusi dalam penanganan nilai dan norma



I . Tujuan Pembelajaran :
Setelah pembelajaran siswa diharapkan dapat :
1. mendeskripsikan pengertian nilai sosial.
2. mendeskrispsikan ciri-ciri, fungsi, dan macam-macam nilai sosial
3. menjelaskan pengertian norma sosial
4. menjelaskan macam-macam norma sosial
5. mengidentifikasi tingkatan norma dalam masyarakat.
6. mengklasifikasikan kasus pelanggaran nilai dan norma
7. merumuskan solusi dalam penanganan nilai dan norma

II . Materi Pembelajaran :
Materi Pokok : 1. Hakikat Nilai dan Macam-Macam Nilai Sosial
2. Hakikat Norma, Tingkatan, dan Jenis-Jenis Norma
dalam Masyarakat
3. Kasus pelanggaran nilai dan norma
4. Solusi dalam penanganan nilai dan norma


III . Metode Pembelajaran :
1. Informasi
2. Tugas tidak terstruktur
3. Tugas terstruktur
4. Eksplorasi
5. Diskusi
IV . Kegiatan Pembelajaran :
Langkah-langkah :

Pertemuan 1
 Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Siswa diberi penjelasan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pokok bahasan yang akan dipelajari.
Motivasi : Guru memberi pengantar tentang pokok bahasan baru yaitu nilai dan norma sosial. Untuk apa nilai dan norma sosial dalam hidup bermasyarakat.
Pemberian Acuan : Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang tujuan pembelajaran nilai dan norma.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan penjelasan dari guru tentang pengertian nilai dan norma perbedaan nilai dan norma serta macam-macam nilai sosial.
b. Siswa dibagi dalam kelompok, lalu mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan dua gambar yang ditayangkan melalui infocus.
c. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas, dan guru membuat kesimpulan.
d. Siswa mengerjakan tugas terstruktur dari LKS halaman 21.
e. e. Siswa mengumpulkan hasil tugasnya untuk dinilai.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang materi yang dipelajari yaitu tentang nilai sosial dan macam-macam nilai.
b. Siswa diberi tugas untuk mencari informasi tentang ciri-ciri nilai dsn fungsi nilai dan norma.

Pertemuan 2
▪ Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Siswa diberi penjelasan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pokok bahasan yang akan dipelajari.
Motivasi : Guru menjelaskan tentang norma-norma yang ada dalam masyarakat. Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan seputar peraturan-peraturan yang ada dalam masyarakat.
Pemberian Acuan : Siswa mendengarkan tujuan mempelajari norma yang ada dalam masyarakat.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian norma, tingkatan dan macam-macam norma serat fungsi nilai dan norma.
b. Siswa menulis beberapa norma yang berlaku dalam masyarakat.
c. Salah seorang siswa membacakan hasil pekerjaannya di depan kelas.
d. Siswa memperhatikan guru membuat bagan perbedaan antara norma-norma yang ada dalam masyarakat. Kemudian siswa membuatnya sendiri.
e. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan tugas terstruktur kemudian mendiskusian pertanyaan berdasarkan kasus yang ada.
f. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas dan guru menjadi pemandu jalannya diskusi.
g. Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai.


▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang ciri- ciri nilai dan fungsi nilai dan norma.
b. Siswa diberi tugas tidak terstruktur mengerjakan LKS halaman 26 – 31.
c. Guru memberi tugas untuk mempelajari materi yang sudah diajarkan untuk mempersiapkan ujian tengah semester.

Pertemuan 3
▪ Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Siswa diberi penjelasan tentang standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator dan pokok bahasan yang akan dipelajari.
Motivasi : Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang fungsi niali dan norma dalam masyarakat.
Pemberian Acuan : Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kasus pelanggaran nilai dan norma yang terjadi dalam masyarakat.

▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang kasus pelanggaran nilai dan norma yang terjadi dalam masyarakat.
b. Siswa mengerjakan tugas terstruktur dengan membentuk kelompok diskusi kemudian mengklasifikasikan pelanggaran nilai dan norma yang terjadi dalam masyarakat.
c. Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
d. Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai.
e. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelompok.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang klasifikasi pelanggaran nilai dan norma yang terjadi dalam masyarakat.
b. Siswa ditugaskan untuk mencari kasus pelanggran nilai dan norma yang dalam masyrakat melalui internet ataupun media massa.
c. Siswa diberi tugas tidak terstruktur untuk mengamati kehidupan masyarakat sekitar tempat tinggal siswa dan menganalisa fungsi nilai serta norma yang berlaku yang dikumpulkan dalam bentuk laporan.

Pertemuan 4
▪ Kegiatan Awal ( 10 menit )
Orientasi : Memberi salam dan berdo’a. Memeriksa kerapian dan kebersihan kelas, kemudian mengabsen dan memeriksa kehadiran siswa.
Apersepsi : Guru mempersiapkan kelas untuk pembelajaran. Kemudian, guru mengumpulkan tugas siswa.
Motivasi : Siswa menjawab beberapa pertanyaan tentang solusi atau pemecahan masalah yang terjadi dalam masyarakat.
Pemberian Acuan : Siswa mendengarkan tujuan memecahkan masalah yang terjadi dalam masyarakat.
▪ Kegiatan Inti ( 70 menit )
a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang solusi atau pemecahan masalah.
b. Guru memilih kasus yang dikumpulkan untuk diskusi kelompok.
c. Guru memilih kasus yang dikumpulkan untuk diskusi kelompok.
d. Siswa ditugaskan mengerjakan tugas terstruktur dengan berdiskusi tentang kasus yang diberikan untuk memecahkan masalah atau solusi dari kasus tersebut.
e. Siswa membacakan hasil diskusi kelompoknya, kemudian siswa lain menanyakan dan menyangga hasil diskusi kelompok. Guru bertindak sebagai pemandu diskusi kelas.
f. Siswa mengumpulkan hasil diskusinya untuk dinilai.
g. Siswa dan guru membuat kesimpulan atas diskusi kelompok.

▪ Kegiatan Penutup ( 10 menit )
a. Siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru secara lisan.
b. Siswa dan guru membuat rangkuman bersama tentang solusi atau pemecahan masalah dari kasus yang ada.
c. Guru menginformasikan tentang materi pokok minggu depan dan siswa ditugaskan untuk membaca literaturnya.


V. Sumber Belajar :
a. Buku : 1. Buku Sosiologi kelas X Yudhistira
2. Buku Sosiologi kelas X Esis
3. Buku Sosiologi kelas X Galaxy Puspa Mega
4. Buku Pengantar Sosiologi, Kamanto Sunarto, UI

b. Bahan : 1. Media cetak seperti; Koran, majalah, tabloid.
2. Media elektronik seperti; televisi.
3. Internet.

c. Alat : 1. CD Pembelajaran
2. Infokus
3. Laptop/komputer

d. Media : 1. Papan tulis
6. Alat-alat tulis
3. LKS
4. Power Point

G. Penilaian

Indikator
Pencapaian Teknik
Penilaian Bentuk
Instrumen Contoh
Instrumen

1.Mendeskripsikan
pengertian nilai dan norma.



2.Mengidentifikasi nilai dan norma.





3. Membedakan nilai dan norma.


4. Mengidentifikasi ciri-ciri
nilai.

5. Mendeskripsikan fungsi
nilai dan norma.



6. Mengklasifikasi kasus-kasus pelanggaran nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat.

7. Merumuskan solusi dalam penanganan nilai dan norma.

Tugas terstruktur





Tugas terstruktur






Tugas terstruktur



Tugas terstruktur


Tugas terstruktur




Tugas terstruktur




Tugas terstruktur

Uraian





Uraian






Uraian



Uraian


Uraian




Uraian




Laporan

Jelaskan pengertian nilai dan norma menurut pemahamanmu !

Berikan dua contoh nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat !


Jelaskan perbedaan nilai dan norma !

Sebutkan cirri-ciri nilai social !

Sebutkan fungsi nilai dan norma bagi kehidupan masyarakat !

Sebutkan tingkatan norma berdasarkan kekuatan mengikatnya !

Bagaimanakah penanganan solusinya jika dalam masyarakat terjadi konflik antar agama, buatlah dalam bentuk karangan atau essay !


PENILAIAN KOGNITIF

A. TES URAIAN

No. Uraian Skor Jumlah
1. a. Nilai adalah ukuran atau kriteria yang diinginkan, dianggap pantas, berharga, benar salah, baik buruk dan lain- lain yang mempengaruhi sikap dan perilaku sosial dari orang-orang yang mengembangkan nilai tersebut.

b. Norma adalah adalah patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat tertentu. Norma sering juga disebut peraturan sosial.



5




5
10
2. a. Contoh nilai : - kegotong royongan,
- solidaritas.

b. Contoh norma : - tata tertib sekolah
- tamu 1 x 24 harap lapor

4


4

8

3. Perbedaan nilai dan norma adalah sesuatu yang dianggap penting dan berguna oleh masyarakat, sedangkan norma adalah aturan yang dibuat untuk menegakan nilai. 10

10
4. Ciri – ciri nilai social :
a. dianggap pantas, bergengsi
b. berguna bagi kelangsungan masyarakat
c. diterima oleh semua kalangan
d. dibentuk dari kebiasaan masyarakat 8
8
5. Fungsi nilai dan norma :
a. Sebagai faktor pendorong
b. Sebagai alat pengawas
c. Sebagai alat solidaritas
d. Mengarahkan masyarakat untuk berpikir dan bertingkah laku 8
8
6. Tingkatan norma berdasarkan kekuatan mengikatnya :
a. Cara ( usage )
b. Kebiasaan ( folkways )
c. Tata kelakuan ( mores )
d. Adat istiadat ( custom ) 8
8
Jumlah Total 52







PENILAIAN AFEKTIF

Format penilaian diskusi kelompok.
No. Nama ASPEK PENILAIAN Total nilai Presentasi
Sikap Keaktifan Wawasan Kemampuan mengemukakan pendapat Kerja sama



Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No Nama Siswa Aspek yang Dinilai/skor Jumlah
1 2 3 4 5 6






Aspek yang dinilai:
7. Kemampuan menyampaikan pendapat.
8. Kemampuan memberikan argumentasi.
9. Kemampuan memberikan kritik.
10. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
11. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
12. Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
E. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
D. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
B. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
A. Sangat Baik Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No Nama Siswa Kriteria Penilaian Jumlah Skor
1 2 3 4 5
1
2
dst
Kriteria Penilaian :
1. Aktivitas dalam kelompok
2. Tanggung jawab individu
7. Pemikiran
8. Keberanian berpendapat
9. Keberanian tampil
Penskoran :
E. Tidak Baik Skor 1
D. Kurang Baik Skor 2
C. Cukup Baik Skor 3
B. Baik Skor 4
A. Sangat Baik Skor 5

Rentang Skor :
12 – 15 = sangat baik = A

9 – 11 = baik = B

6 – 8 = cukup = C

3 - 5 = kurang = K







Bawang, 2 Januari 2012
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,



………………. ……………………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar